Detail Berita

Dijatah 100 Sertifikat HKI

23 April 2018
07:35:16 WIB

plutbulungan.id Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terus tumbuh. Data Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Bulungan, saat ini jumlah pelaku UMKM mencapai 1.000.

Namun, dari jumlah itu masih banyak yang belum terdaftar sebagai pemegang Hak Kekayaan intelektual (HKI). Karena itu, para pelaku UMKM diberi kesempatan untuk terdaftar sebagai pemegang HKI.

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Bulungan yang bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif, memfasilitasi pelaku UMKM untuk mendapatkan legalitas usaha yang dijalankan. Ada 100 sertifikat HKI yang bisa didapatkan.

Direktur Fasilitasi HKI Bekraf Deputi Fasilitas HKI dan Regulasi Badan Ekonomi Kreatif Robinson Sinaga mengatakan, tahun ini ditargetkan sekitar 2.500 pelaku UMKM bisa tuntas legalitasnya. 

"Namun, masih banyak masyarakat yang belum paham. Terlebih untuk pembiayaan cukup besar karena memang tidak gratis," jelasnya, Rabu (18/4). 

Lanjutnya, ini merupakan kesempatan bagi pelaku UMKM di Bulungan. Karena seritifikasi HKI sangat penting dimiliki dalam upaya pengembangan usaha ke depannya. 

Sementara itu, Kepala Disperindagkop dan UMKM Bulungan Ajer Supriyono mengatakan, seritifikasi produk atau hak milik kepada 100 pelaku UMKM diberikan secara cuma-cuma alias gratis. 

"Untuk proses satu sertifikasi apabila dilakukan secara mandiri, maka dibutuhkan biaya Rp 2,5 juta," ujarnya, kemarin (19/4).

Dikatakan, pemberian sertifikat HKI menyesuaikan usulan. Sementara, satu pelaku UMKM untuk satu produk yang didaftarkan. (uno/fen) 

Share



0 Komentar

    Form Komentar