Detail Berita

Pasar Subuh Beri Keuntungan ke Petani

02 Oktober 2017
07:37:50 WIB

 plutbulungan.id-TANJUNG SELOR – Keberadaan pasar subuh di kompleks Pasar Induk diakui sejumlah petani sangat membantu. Sebab, hasil panen mereka bisa langsung dijual ke pembeli, baik konsumen maupun pedagang pasar.

“Dengan adanya pasar subuh, kami tidak lagi menjual hasil panen ke tengkulak. Seperti kacang kalau langsung kami jual harga Rp 7.000 per kilogram, sedangkan kalau tengkulak hanya mengambil Rp 4.000 per kilogramn,” ujar Jumsi, petani yang berjualan di pasar subuh saat ditemui media ini, Kamis (28/9).

Petani lainnya, Nani, juga mengaku hal yang sama. Sejak adanya pasar subuh, dia mengaku perekonomian keluarganya terbantu. “Tentu dengan adanya pasar subuh ini bisa dirasakan oleh semua petani dengan hasil yang lumayan menguntungkan,” akunya.

Dalam sehari pun, dia mengaku bisa menjual hasil panen dengan jumlah yang banyak. “Sampai kewalahan kita melayani pembeli yang ingin mencari sayur segar,” tambahnya.

Sementara itu, Hamri Effendi, Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop Bulungan mengatakan, pihaknya mendukung adanya pasar subuh karena petani bisa langsung menjual hasil panen.

“Saya juga berharap petani mengembangkan sayuran yang belum ada sehingga tidak perlu didatangkan dari luar,” ujarnya.

Terkait tempat pasar subuh pihaknya akan membenahi. “Sekarang hanya permasalahan tempat, kami masih mencari tempat sehingga nantinya petani tidak merasa dirugikan, karena tempat tersebut sepi,” lanjutnya. (*/tyo/fen) 

Share



0 Komentar

    Form Komentar