Detail Berita

Produk Unggulan Belum Tembus Pasar Ekspor

20 Februari 2018
10:20:34 WIB
plut-bulungan.id-PROKAL.CO, TANJUNG SELOR – Perkembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Bulungan saat ini mengalami pertumbuhan sangat baik seperti makanan olahan dengan bahan baku yang bersumber dari laut maupun pertanian.

Itu diungkapkan Gerilyawan, Kabid Koperasi dan Usaha Mikro Disperindagkop Bulungan. “Kita punya sekitar 30-an lebih produk unggulan,” ungkapnya kepada media ini, Rabu (14/2).

Produk unggulan tersebut di antaranya keripik dari berbagai jenis bahan baku pertanian, makanan olahan dari berbahan ikan, rumput laut, dan jamur. “Untuk produknya sendiri sementara masih belum sampai diekspor,” timpalnya.

Namun, dia menyebutkan bahwa produk-produk olahan warga sudah dikirim ke berbagai daerah. Misal, ke Pulau Sulawesi. Selama ini pun, dia mengaku bahwa pihaknya selalu memperkenalkan produk-produk buatan masyarakat di level nasional ketika ada pameran.

“Ketika ada yang tertarik, kemudian terjadilah transaksi dari para pembeli, lalu dikirimkan ke daerah lain,” ujarnya.

Selain memasarkan, lanjutnya, pelaku usaha rumahan juga diberikan pelatihan-pelatihan agar dapat terus meningkatkan produksi dan kreativitas dalam membuat produk unggulan.

“Ketika produktivitasnya bisa ditingkatkan, pastinya mereka akan membutuhkan sumber daya manusia yang lebih bayak lagi. Kami juga berkerja sama dengan para pengusaha muda yang dulunya kami bina, kini telah sukses untuk membagikan ilmunya kepada masyarakat yang baru memulai usaha,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, dengan semakin banyaknya pelaku ekonomi keratif, maka semakin membuka peluang kerja, serta ikut membantu program pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran. (*/wan/fen)

Share



0 Komentar

    Form Komentar