Detail Berita

Satgas Pangan Diminta Awasi Stok dan Harga

30 April 2018
07:31:31 WIB
bulungan.id PANTAU STOK BERAS: Tim dari Kementerian Perdagangan bersama Disperindagkop dan UMKM Kaltara, serta Disdagkop dan UKM Tarakan melihat stok beras di gudang Perum Bulog, Kamis (26/4).

PROKAL.COTARAKAN – Seiring fokus pemerintah pusat dalam menjaga ketersediaan pangan serta kestabilan harga selama Ramadan dan menjelang Lebaran Idulfitri, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara juga akan mendukung upaya tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Kadisdagkop dan UMKM) Kaltara Hartono menginstruksikan kepada dinas terkait di kabupaten dan kota untuk melakukan pengawasan secara kontinu.

Pengawasan dilakukan dengan cara menginstruksikan kepada Satuan Tugas (Satgas) Pangan agar rutin memantau ketersediaan stok, serta harga komoditas di pasaran mulai dari sekarang.   

“Kami mengimbau semua kabupaten dan kota sudah melakukan pengawasan ke lapangan. Karena sudah ada satgasnya,” ujar Hartono usai mengikuti rapat koordinasi stabilisasi harga dan stok barang kebutuhan pokok bersama Kementerian Perdagangan di Swiss-Belhotel Tarakan, Kamis (26/4).

Satgas Pangan sendiri beranggotakan instansi terkait seperti kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perdagangan, Balai Karantina dan instansi terkait lain di masing-masing kabupaten dan kota. Semua pihak diharapkan melakukan pemantauan terhadap barang di pasar.

Jika menemukan adanya pengusaha atau distributor yang memanfaatkan momen tersebut dengan menimbun barang, Hartono menginstruksikan untuk diproses. Karena ada sanksi tegasnya. 

“Kalau dia (distributor) memang menimbun, ya kami berikan sanksi. Sanksinya kami meminta untuk dicabut izin usahanya kalau dia melakukan seperti itu,” tegasnya.

Hartono juga mengimbau kepada distributor agar dapat menyuplai kebutuhan dasar masyarakat secara kontinu. Termasuk juga memperhatikan barang-barang yang sudah kedaluwarsa karena bisa membahayakan kesehatan manusia.

Pihaknya akan menyita jika mendapatkan barang-barang tersebut saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk dimusnahkan. Itu dibuktikan dengan turunnya tim dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan sidak ke seluruh Indonesia. Termasuk di Kalimantan Utara yang dipusatkan di Tarakan, Rabu (25/4).

Sebelumnya, hasil pemantauan tim dari Kementerian Pedagangan memastikan ketersediaan stok serta harga pangan di Kaltara masih terjaga. Pihaknya juga sudah mengintruksikan kepada Perum Bulog untuk menyalurkan barang sembako secara kontinu. (mrs/fen)

Share



1 Komentar

Form Komentar