Detail Berita

Urus HKI agar Tak Terkesan Tiruan

24 April 2018
08:27:37 WIB
plutbulungan.idPROKAL.CO, TANJUNG SELOR – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Bulungan yang bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif, memfasilitasi pelaku UMKM untuk mendapatkan legalitas usaha. Yakni, memberi kesempatan kepada pelaku UMKM untuk membuat sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Karena itu, pelaku UMKM yang belum memiliki sertifikat HKI disarankan untuk membuatnya agar produk yang dihasilkan tidak terkesan tiruan. Menurut Asisten II Setkab Bulungan Hamdani, pentingnya mengantongi HKI karena merupakan hak dasar bidang usaha yang akan dikembangkan. 

"Tentu saja dapat mendukung pengembangan perekonomian daerah dan mampu bersaing dengan produk-produk lain,” ujarnya, pekan lalu.

Lanjutnya, pemerintah daerah berupaya agar pelaku UMKM memperoleh dan mengantongi hak produk yang dihasilkan melalui legalitasnya. Karena itu, dia menyarankan agar dinas terkait dapat membangun kerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif.

"Pentingnya ada HKI dikantongi pelaku UMKM agar tidak ada lagi yang membuat merek tiruan," ujarnya.

Sementara itu, perwakilan LPPM UPN Veteran Jogjakarta Ari Wijayani, menilai potensi UMKM yang ada di Bulungan, khususnya Tanjung Selor memiliki prospek yang bagus dikembangkan.

Namun, dia melihat potensi itu belum keseluruhan dimanfaatkan oleh pelaku UMKM. Dia mencontohkan burung enggang yang bisa dijadikan maskot dan buah lapiu.

Jika potensi itu dikembangkan, dia yakin tidak menutup kemungkinan bisa menjadi produk andalan dari Bulungan dan bisa bersaing dengan produk dari daerah lain

Share



2 Komentar

Form Komentar