Pengusaha Sabah Buka Peluang untuk Pelaku UMKM

plutbulungan.id-PROKAL.COTARAKAN – Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tarakan, kini tak perlu bingung untuk memasarkan produknya. Karena ada peluang bagi pelaku UMKM untuk memasarkan hingga Sabah, Malaysia.

Peluang tersebut disampaikan Dato Janatan Kandok, pengurus tim teknik perdagangan dan perhubungan Sosial Ekonomi Malaysia-I

ndonesia (Sosek Malindo) saat berkunjung ke Tarakan bersama pengusaha-pengusaha wanita asal Sabah, Selasa (22/8).

Produk UMKM yang bisa dipasarkan di Sabah, kata dia, seperti keripik pisang. Karena dia melihat keripik pisang olahan pelaku UMKM di Tarakan berbeda dengan di daerahnya.

“Keripik pisang yang ada di sini itu agak basah dan yang di sana (Sabah) keripiknya kering. Jadi, karena produk-produk yang ada di sini berbeda cara mengolahnya dengan yang ada di sana, tentu produk-produk di sini bisa dipasarkan di sana,” ujarnya di sela-sela pertemuan dengan Wali Kota Tarakan Sofian Raga.

Menyikapi peluang tersebut, Wali Kota Sofian Raga menyambut baik. Dia pun menyatakan kedatangan pengusaha asal Sabah tersebut memang ingin menjalin kerja sama.

“Jadi nantinya mereka dapat saling bertukar informasi tentang produk-produk mereka, dan dapat berkerja sama saling menguntungkan satu sama lain,” ujarnya.

“Jika kerja sama ini bisa melibatkan negara-negara lain, saya rasa itu pilihan yang bagus. Jadi pemasaran dari produk-produk (UMKM, Red) ini bisa lebih luas lagi,” tambahnya. (*/nov/fen)