Gali Potensi UKM Kerajinan

plutbulungan.id-PROKAL.CO, TANJUNG SELOR – Ketua Bidang Manajemen Usaha Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) pusat Bintang Puspyayoga terkesan dengan UKM kerajinan di Kaltara. Apa yang telah dilakukan Ketua Derkranasda Kaltara, Rita Ratina Irianto, yang tak lain istri Gubernur Irianto Lambrie, dianggap serius dan berhasil membina UKM kerajinan tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi kerajinan yang ada di Kaltara,” ujar Bintang yang juga istri Menteri Koperasi dan UKM, saat ditemui di Hotel Crown Tanjung Selor, Jumat (19/5).

 Menurut Bintang, Kalimantan Utara memiliki potensi kerajinan yang patut dikembangkan. Misal, kerajinan anyaman dan batik. “Sebenarnya banyak, tinggal bagaimana menggali potensi yang ada agar dapat berkembang,” ungkapnya.

Ia yakin UKM kerajinan dan UKM olahan makanan yang ada di Kaltara mampu menembus pasar global hingga ke manca negara. Hal itu akan terwujud jika peran dari pemerintah maupun Dekranasda memberikan sentuhan dan modifikasi serta inovasi dalam pengembangan produknya. Selain itu, perlu pelatihan dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang berkualitas.

“Kami yakin apa yang telah dihasilkan para pengrajin dan pelaku UKM di Kaltara bisa menembus pasar nasional dan internasional,” ungkapnya.

Persoalan modal dan pasar, Bintang menyatakan tidak perlu dikhawatirkan. Pasalnya, pemerintah saat ini telah mempermudah dari sisi modal dan pasar. Misal, di Kementerian Koperasi dan UKM telah memberikan bantuan pinjaman modal bagi para pelaku UKM maupun pengrajin tersebut.

“Kalau kesulitan modal dan pasar, saya rasa itu masalah klasik. Sebenarnya untuk mendapatkan bantuan bisa dilakukan asal menjalin komunikasi yang intens,” ungkapnya.

“Kalau pun kesulitan memasarkan hasilnya, bisa melalui event, dengan mengikutsertakan Dekranasda yang ada di daerah. Jadi tidak perlu bingung,” sambungnya.

Disamping itu, Ia menekankan perlu ada sinergi berbagai pihak dalam membina dan mengembangkan UKM perajin, baik pemasaran, manajemen permodalan, peningkatan mutu produk sampai pemanfataan IT.

Sementara itu, Ketua Derkranasda Kaltara Rita Ratina Irianto mengungkapkan, kehadiran pengurus Dekranas Pusat merupakan bentuk dukungan dari Kementerian Koperasi dan UKM. Guna mendukung peran dunia usaha, terutama UKM agar dapat tumbuh, berkembang dan mandiri, untuk turut serta memajukan perekonomian nasional.

“Diharapkan dengan tumbuhnya UKM di daerah kita, dapat memberikan kontribusi yang baik bagi perekonomian di Kaltara,” singkatnya. (san/har)