IKM Batik Mulai Berkembang

plutbulungan.id - PROKAL.CO, PARA pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kalimantan Utara terus mendapat perhatian dari pemerintah, melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kaltara.

Kepala Bidang Perindustrian Abdul Latif mengatakan, pertumbuhan IKM di Kaltara terus meningkat. Apalagi pertumbuhannya pesat serta dibarengi dengan kualitas yang baik. Salah satunya, industri rumahan batik yang ada di Kabupaten Bulungan.

“Saya melihat IKM membatik di Bulungan sudah mulai berkembang dan tumbuh,” kata Abdul, kepada Bulungan Post, Jumat (19/5).

Selama ini, perkembangan batik di Bulungan menurutnya belum mendapatkan sentuhan dari pemerintah. Bahkan, para pelaku batik melakukan upaya dan inovatif dalam pengembangan batiknya tersebut.

Seiring jalannya waktu, pihaknya melihat upaya industri batik di Bulungan berkembang pesat. Sehingga, pihaknya turun untuk melakukan pembinaan dengan memberikan pelatihan dan modal dalam meningkatkan produksi batik tersebut.

“Ini sudah berjalan dua bulan. Kami melihat kemajuan dari pengrajin batik,” ungkapnya.

Namun, saat ini pihaknya belum dapat memberikan modal yang cukup besar. Hanya sebatas peningkatan sumber daya manusia (SDM) dalam peningkatan kapasitas membatik tersebut. “Jadi kami di sini belum memberikan modal usahanya, tapi ada pembinaan SDM,” katanya.

Di Provinsi Kaltara sendiri belum terbentuk jaminan kredit daerah (Jamkrida) yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di setiap daerah. Jika Jamkrida telah terbentuk, para pelaku IKM dapat melakukan pinjaman kredit melalui lembaga tersebut. 

“Memang di daerah lain sudah ada Jamkridanya. Kaltara saat ini masih dalam tahap penyusunan ranperda. Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan selesai,” ungkapnya.

Ia menambahkan, setelah Lebaran nanti, Kementerian Perindustrian berencana akan memanggil Pemprov Kaltara untuk mengetahui jumlah peningkatan daripada IKM yang ada. “Tujuannya seberapa jauh IKM yang ada di Kaltara,” jelasnya.

Dengan demikian, jika laporan telah diterima, dimungkinkan Kementerian Perindustrian akan memberikan pembinaan dan pelatihan kepada para pelaku IKM di Kaltara. “Jadi akan diberikan pelatihan lagi. Mulai dari membatik, pengolahan makanan dan sebagainya,” pungkasnya. (san/har)