Proses Izin Bisa Melalui Online

UNTUK memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha kecil menengah (UKM), pemerintah pusat gencar memberikan pelatihan penggunaan aplikasi sistem online untuk proses izin usaha kecil menengah (IUKM).

Seperti diungkapkan Sekretaris Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Halomoan Tamba usai melakukan ramah tamah dengan para pelaku UKM Bulungan, Kamis (16/3) lalu.

Dikatakannya, aplikasi sistem online IUKM 

ini baru Dditerapkan di dua kecamatan di Kabupaten Bulungan. Yakni Kecamatan Tanjung Selor dan Tanjung Palas. Namun demikian, kecamatan lainnya juga dapat menerapkan sistem itu. “Jadi mereka cukup mendaftkan diri melalui aplikasi itu, sehingga terdaftar dan akan menjadi database kami,” katanya.

Selain itu, lanjut Halomoan, tujuan adanya aplikasi online IUKM tersebut untuk menyederhanakan proses izin yang selama ini dianggap masyarakat begitu panjang.

Disamping mempermudah proses izin, Halomoan mengatakan, pihaknya juga memberikan pendampingan kepada pelaku UKM melalui pusat layanan usaha terpadu (PLUT) UKM Bulungan. “Jadi kami dari pusat akan memberikan pendampingan kepada pendamping yang ada di PLUT Bulungan sesuai kebutuhan para pelaku UKM ini,” katanya.

Secara umum, Halomoan menilai kebutuhan yang diinginkan pelaku UKM itu mengenai akses pembiayaan dan akses pemasaran serta pelatihan dalam peningkatan usaha. Selain itu pengembangan kualitas sumber daya manusianya.

“Untuk akses pemasarannya, kami telah mengandeng pihak Telkom yang disebut kampung UKM digital. Jadi para pelaku usaha ketika menjual produknya bisa melalui jaringan internet,” jelasnya.

Sedangkan dari sisi pembiayaan, diakuinya, saat ini memang belum begitu optimal. Berbeda dengan daerah Jawa, pihaknya dapat memberikan akses pembiayaan tersebut.

Tetapi, Halomoan menyatakan pelaku UKM tak perlu khawatir. Sebab, pihaknya telah bekerja sama dengan lembaga pembiayaan dana bergulir. “Apalagi UKM di setiap daerah terutama Bulungan ini mulai meningkat,” pungkasnya. (san/har)